FST Menggiatkan Penggunaan E-Learning

Dr. Hartono

FST UIN Suska Riau – Dekan FST Dr. Hartono, M.Pd dalam beberapa pertemuan dengan Dosen di Lingkungan FST mengingatkan agar semua dosen FST lebih mempersiapkan segalah hal untuk kegiatan akademik. Terutama dalam persiapan awal semester. Selain itu, beberapa kebijakan untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi juga tidak luput dari perhatian Dekan FST. “Diharapkan semua dosen mengoptimalkan penggunaan E-Learning UIN Suska Riau dalam proses mengajar. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, yaitu cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata kuliah dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri).  E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya). Dengan fasilitas E-learning ini, dosen di lingkungan FST dapat memanfaatkannya untuk mengunggah silabus, SAP, ISAP dan rencana perkuliahan agar mahasiswa lebih mempersiapkan diri sebelum perkuliahan dimulai” Ujarnya.

Sebelumnya, beberapa orang dosen di lingkungan FST telah mengikuti pelatihan dalam memaksimalkan penerapan E-Learning. Dr. Hartono juga berharap supaya dosen yang mengikuti pelatihan bisa mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu yang telah mereka dapat di Fakultas Sains dan Teknologi.

Dr. Rado Yendra, Wakil Dekan II FST yang ditemui saat menjadi Narasumber Penelitian di Islamic Center UIN Suska Riau mengatakan: “E-Learning sangat diperlukan pada zaman modern dan di Fakutlas yang menjadi basis IT di UIN. Fungsinya ialah untuk meningkatkan daya serap dari mahasiswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Hal ini juga diharapkan dapat merangsang pertumbuhan inovasi baru dari mahasiswa sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kita akan menggiatkan penggunaan E-Learning dan IT untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi, seperti teknologi komputer baik hardware maupun software, teknologi jaringan seperti Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN), dan teknologi telekomunikasi seperti radio, telefon, dan satelit.” Ucapnya.

-FST Journalist Team-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below