Kegiatan Orientasi Bagi Mahasiswa Baru FST

Dr. Hartono

FST UIN Suska Riau – Hal yang lumrah pada setiap kampus mengadakan acara yang bersifat Orientasi Bagi Mahasiswa Baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Fakultas Sains dan Teknologi setiap tahunnya mengadakan Kegiatan Pengenalan Akademik Dan Kampus (PAK) dan Forum Ta’aruf Fakultas Sains dan Teknologi (FORTAFASTE).

PAK merupakan serangkaian kegiatan untuk mengenalkan dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya. Selain itu, menurut Dekan FST, Dr. Hartono, M.Pd bahwa PAK bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di FST secara maksimal. Sehingga mempersiapkan mahasiswa baru agar mampu belajar di FST serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di FST, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa. Sedangkan FORTAFASTE merupakan kegiatan OSPEK (Orientasi dan Pengenalan Kampus) yang di selenggarakan oleh fakultas Sains dan Teknologi dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi sedikit banyak ditentukan oleh baik tidaknya dan efisiennya pelaksanaan kedua kegiatan tersebut.

Ditambahkan lagi oleh Dr. Hartono, kedua kegiatan tersebut mempunyai tujuan dan substansi yang sama, yaitu menumbuhkan rasa persaudaraan dan semangat akademik di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis serta menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh itu, kemungkinan besar kegiatan PAK dan FORTAFASTE akan digabungkan sehingga lebih efisien dan lebih terpantau serta meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

-FST Journalist Team-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below