Belajar Riset dari Dr. Rado Yendra, M.Sc

FST UIN Suska Riau – Belajar dan kuliah di luar negeri sudah pasti harus terbiasa dengan riset dan publikasi akademik bertaraf Internasional. Di sela-sela kesibukannya, Dr. Rado Yendra sempat menceritakan pengalaman menjadi peneliti kepada Tim Jurnalis FST. Ketika masih menjadi mahasiswa PhD, beliau sudah terlibat dalam beberapa projek penelitian dengan beberapa Kementrian di Malaysia. Projek yang diikuti oleh pakar statistik ini berhubungan dengan perubahan iklim dan curah hujan di Malaysia.

Dr. Rado Yendra yang saat ini mengemban tugas sebagai Wakil Dekan II Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau menceritakan, “selama 10 tahun ini, saya menggeluti bidang penelitian statistik. Banyak hal yang saya peroleh dengan menjadi seorang peneliti. Pertama, saya merasa ilmu saya semakin bertambah. Ilmu sebenarnya tidak hanya didapatkan melalui pendidikan formal, tetapi juga ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai lulusan S3 Doktor Statistik, saya mungkin dinilai sudah cocok menekuni profesi ini. Tapi, saya ternyata masih harus memiliki ilmu lain untuk menjadi seorang peneliti. Untuk menjadi seorang peneliti, saya dituntut harus mampu bekerja baik sebagai individu maupun sebagai tim yang terkadang terdiri dari beberapa negara. Peneliti harus memiliki rasa kekeluargaan dan kerja sama yang tinggi. Kedua, dengan melakukan penelitian memungkinkan seorang peneliti untuk terus belajar dan belajar. Penelitian membuka gerbang saya untuk belajar menganalisis fenomena dan masalah yang saya teliti, untuk selanjutnya saya jadikan sebagai ilmu baru. Jadi, peneliti sebenarnya dapat belajar dari hasil penelitian yang diperolehnya. Selain itu, seorang peneliti mungkin saja juga menemukan sesuatu yang menarik dan tidak pernah ada sebelumnya. “ Tuturnya

Walaupun sekarang tidak banyak terlibat dalam beberapa projek penelitian karena kesibukannya sebagai Wakil Dekan, Dr. Rado masih menyempatkan menekuni hobinya sebagai peneliti. Pada semester pertama tahun 2015 ini setidaknya Dr. Rado sudah mempublikasikan 5 jurnal SCOPUS.

Di akhir pembicaraan, Dr. Rado sangat berharap kepada mahasiswa FST agar tidak pernah bosan belajar dan menambah ilmu pengetahuan.

” ….Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Mujaadilah [58

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below