Kemegahan dan Keindahan Masjid UIN Suska Riau

uin

FST UIN Suska Riau – Setelah beberapa bulan tidak bisa digunakan karena tahap renovasi, Masjid Kampus UIN Suska Riau kembali digunakan seperti diawali dengan Shalat Jumat pada 15 Januari 2016. Banyak tanggapan positif tentang Masjid UIN Suska Riau ini karena kemegahan dan keindahannya. Ini merupakan Masjid Kampus termegah yang saya kunjungi dan unik karena gabungan dari Arsitektur Melayu dan Timur Tengah, ucap salah seorang Mahasiswa UIN Suska Riau.

Wakil Dekan II FST  Dr. Rado Yendra Shalat Berjamaah dengan Ka-Prodi Teknik, M. Irsyad Informatika dan Ka-Lab Teknik Informatika, Iwan Iskandar

Wakil Dekan II FST Dr. Rado Yendra Shalat Berjamaah dengan Ka-Prodi Teknik Informatika, M. Irsyad dan Ka-Lab Teknik Informatika, Iwan Iskandar

Dr. Rado Yendra yang ditemui tim jurnalis di Masjid UIN Suska Riau ketika melaksanakan Shalat Zuhur mengatakan bahwa Masjid sangat penting bagi aktivitas kampus apalagi bagi kampus Islam. Rasulullah S.A.W menggunakan Masjid untuk mengajarkan para sahabat tentang Agama Islam, membina mental dan akhlak mereka, sering kali dilakukan setelah Shalat berjama’ah, dan juga dilakukan selain waktu tersebut. Masjid pada waktu itu mempunyai fungsi sebagai “sekolah” seperti saat ini, gurunya adalah Rasulullah dan murid-muridnya adalah para sahabat yang haus ilmu dan ingin mempelajari Islam lebih mendalam. Tradisi ini juga kemudian di ikuti oleh para sahabat dan penguasa Islam selanjutnya, bahkan dalam perkembangan keilmuan Islam, proses “ta’lim” lebih sering di lakukan di masjid, tradisi ini dikenal dengan nama “halaqah”. Jadi sudah sepantasnya Mahasiswa UIN Suska memakmurkan Masjid dalam kegiatan ibadah dan pendidikan, Ucap Wakil Dekan II FST UIN Suska Riau ini.

Hanyalah yang memakmurkan Masjid-Masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS 9:18, At Taubah)

-FST Journalist Team

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below