FST Mendatangkan Pakar Keamanan Informasi Sebagai Narasumber Kuliah Umum

pertemuan dosen fst

FST UIN Suska Riau – Agenda besar tahun ini selain OTIK dan Seminar Internasional adalah kuliah umum yang insyaAllah akan diadakan pada hari Kamis, 2 Juni 2016 di Islamic Center UIN Suska Riau Pukul 07:30 WIB. Kuliah umum kali ini bertemakan Keamanan Informasi Menggunakan Kriptografi, Steganografi dan Watermarking. FST menghadirkan Dr. Rinaldi Munir, Dosen Senior Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mana beliau telah banyak menulis buku tentang Komputer dan menjadi pegangan bagi seluruh Kampus Teknologi Informasi dan Matematika seluruh Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Kuliah Umum, Ari Pani Desvina, M.Sc, Kuliah umum ini diharapkan memberikan pengetahuan dan ilmu tentang keamanan informasi bagi seluruh mahasiswa dan dosen di lingkungan FST mengingat Dr. Rinaldi merupakan penulis banyak buku tentang Keamanan Informasi. Pagi Kamis 02/06/2016 kita melaksanakan Kuliah Umum dan siang Pukul 13:00 adalah Diskusi Ilmiah dosen FST dengan Dr. Rinaldi munir tentang Pulikasi Ilmiah di Theatre Room, FST. Banyak topik riset yang mungkin akan kita dapatkan dari penjelasan Beliau nantinya, ujar Ketua Prodi Matematika FST UIN Suska Riau.

Dr. Rinaldi Munir telah banyak menulis buku tentang keamanan informasi, salah satu judul buku yang sudah dirujuk oleh 582 Peneliti dunia yaitu buku Pengolahan Citra Digital Dengan Pendekatan Algoritmik yang diterbitkan sejak tahun 2004. Selain itu beliau juga menulis Buku Matematika Diskrit (2012) yang sudah masuk revisi ke lima. Buku tersebut disusun sebagai buku teks mahasiswa yang mengambil mata kuliah Matematika Diskrit. Matematika Diskrit merupakan mata kuliah yang  fundamental dalam pendidikan ilmu komputer atau Teknik Informatika. Bahkan, saat ini  Matematika Diskrit merupakan matakuliah wajib pada perogram yang termasuk kedalam  kelompok teknologi informasi.

Rahmad Kurniawan ST, MIT dan Dr. RInaldi Munir, MT di International Conference on Electrical Engineering and Informatics

Rahmad Kurniawan ST, MIT dan Dr. Rinaldi Munir, MT di International Conference on Electrical Engineering and Informatics

Kedatangan Dr. Rinaldi sebagai narasumber Kuliah Umum kali ini semoga menambah semangat Mahasiswa FST untuk menghasilkan skripsi yang berkualitas dan sejalan dengan harapan Dekan FST, Dr. Hartono agar FST bisa mengejar ketertinggalan dalam publikasi ilmiah dosen pada jurnal-jurnal yang terakreditasi atau yang terindeks dalam SCOPUS dan ISI. Selain itu, hobi Dr. Rinaldi yang suka menulis apa saja, mulai dari diktat kuliah, makalah, buku, hingga catatan ringan seperti yang terdapat di dalam blog beliau hingga banyak publikasi ilmiah beliau yang menjadi rujukan peneliti seluruh dunia tentang Ilmu Komputer khususnya Keamanan Informasi menjadi contoh bagi mahasiswa FST. Keamanan informasi sangat diperlukan mengingat sekarang ini Informasi sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Prodi Teknik Informatika tentu sangat erat hubungannya dengan keamanan informasi, Prodi Sistem Informasi memerlukan Ketersediaan Informasi bagi sistem yang berorientasi informasi seperti SIM, DSS dan Sistem Pakar (ES). Kriptografi banyak menggunakan algortima dan Prodi Matematika berpeluang dalam membuat optimasi algoritma dan mengembangkannya. Begitupun dengan prodi Teknik Elektro yang membidangi pengolahan citra dan kecerdasan buatan (robot) serta Teknik Industri yang sangat memerlukan keamanan informasi untuk kerahasiaan data dan Integritas dari semua sistem serta subsistem yang dibangun agar tidak terjadi security incidents yang merugikan banyak pihak, ujar Rahmad Kurniawan, ST, MIT, Dosen Teknik Informatika.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below