Review Kurikulum Berdasarkan KKNI Prodi Teknik Informatika

KKNI TIF

FST UIN Suska Riau – Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah berjalan sejak akhir tahun 2015 telah menambah deretan kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang sarat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Seyogyanya kurikulum melakukan upaya perubahan, pengembangan dan inovasi terhadap tuntutan tersebut. Seharusnya apabila kurikulum terus hadir dengan pola-pola perubahan sebagai hasil dari pemikiran masyarakat, karena “pengguna” kurikulum pada akhirnya juga masyarakat.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa lulusan Teknik Informatika UIN Suska Riau, Prodi Teknik Informatika telah menerapkan Kurikulum Berbasis KKNI sejak tahun 2015. KKNI sendiri merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

Kurikulum berbasis KKNI yang telah berjalan, kemudian direview kembali pada 03 Agustus 2016. Secara umum, tujuan dari kegiatan ini adalah menghasilkan kurikulum yang menjadi pedoman dalam melahirkan lulusan Sarjana Teknik bidang Informatika yang kompeten dan profesional serta mampu bersaing di era globalisasi dan MEA. Review ini diikuti oleh Tim perumus KKNI beserta ketua APTIKOM & juga Ketua BNSP Bapak Prof. Zainal A. Hasibuan, Ir., MLS., PhD yang menjadi pakar dalam merumuskan KKNI, ujar Ka-Prodi Teknik Informatika Muhammad Irsyad, MT.

KKNI juga sebagai wadah untuk meningkatkan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif serta bisa bersaing di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

– FST Journalist Team

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below