TUK FST Taja Workshop Sertifikasi Nasional Bidang Informatika

IMG_4350

FST UIN SUSKA, Pekanbaru – Tempat Ujian Kompetensi (TUK) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau mengadakan Workshop Sertifikasi Nasional Berbasis  Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (24/7). Workshop yang dilaksanakan di Theater Room FST UIN SUSKA ini bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika. Adapun kegiatan ini diisi dengan sosialisasi TUK FST UIN SUSKA Riau dan workshop mengenai sertifikasi nasional.

Kegiatan workshop sertifikasi dihadiri oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat I Asosiasi  Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Bapak Prof. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D., Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Informatika, Bapak Muhaemin, S.Kom., M.M., M.Kom., Ketua APTIKOM Provinsi Riau, Bapak Muhardi, S.Kom., M.Kom., Dekan FST UIN SUSKA, Bapak Dr. Hartono, M.Pd., Ketua TUK FST UIN SUSKA, Ibu Dr. Okfalisa, M.Sc, Tim Asesor FST UIN SUSKA serta Wakil Dekan dan Ketua Jurusan di FST UIN SUSKA Riau. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat bidang informatika yang ada di Provinsi Riau. Di antara perguruan tinggi tersebut adalah UIN SUSKA Riau, Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS), Universitas Lancang Kuning, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Politeknik Caltex Riau, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dumai, STMIK Hangtuah Pekanbaru, dan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Pelita Indonesia Pekanbaru.

Ketua ASIKOM Provinsi Riau, Bapak Muhardi, S.Kom., M.Kom. sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan di Riau belum ada tim asesor dari perguruan tinggi swasta dan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh FST UIN SUSKA inilah perlu belajar untuk terciptanya tim asesor di perguruan tinggi swasta. Sementara Dekan FST UIN SUSKA Riau, Bapak Dr. Hartono, M.Pd memberikan sambutan dan membuka acara ini. Dia mengharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu menciptakan mahasiswa dan alumni yang dapat mengembangkan teknologi di bidang informatika baik dari segi teori mau pun praktek.

Ketua TUK, Ibu Dr. Okfalisa, M.Sc. menambahkan TUK memberikan pelayanan yang profesional demi kepuasan pelanggan dalam melaksanakan uji kompetensi Informatika. Ujian kompetensi tersebut akan dilaksanakan pada Selasa hingga Kamis (25-27/7) di Hotel Jatra Pekanbaru. Ada pun bidang yang diikutsertakan adalah programmer, network administrator, ICT Project Manager, IT Auditor dan Enterprise Architect.

Dalam workshop ini, Bapak Prof. Zainal Arifin Hasibuah, Ph.D. menjelaskan mengenai sertifikasi nasional secara global sementara Bapak Muaemin, S.Kom., M.M., M.Kom. memaparkan mengenai  langkah-langkah implementasi sertifikat kompetensi di lingkungan perguruan tinggi.

Bapak Ridarmin, prwakilan dari STMIK Dumai mengaku kaget kalau LSP Informatika mengadakan kompetensi yang dilaksanakan tiga hari mendatang. Ia baru mengetahui informasi tersebut di workshop. Harapannya dari kegiatan workshop yang antusias ia ikuti dapat diadakan kembali ujian kompetensi khususnya untuk para dosen, karena masih banyak dosen yang belum memiliki sertifikasi nasional.

Diujung kegiatan ini, dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Kerjasama Penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi LSP Informatika. Ada pun penandatangan ini diikuti oleh UIR, UNIKS dan STMIK Hangtuah Pekanbaru.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below