TUK FST Gandeng Kementerian KOMINFO dan LSP Informatika Laksanakan Sertifikasi Kompetensi Bidang Informatika

IMG_20170725_101944

FST UIN SUSKA, Pekanbaru – Sertifikasi Kompetensi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika untuk Angkata Kerja Muda kembali diadakan selama tiga hari pada Selasa hingga Kamis (25-27/8). Kegiatan ini dilaksanakan ke 27 kalinya di kota Pekanbaru. Tahun ini sertifikasi dilaksanakan di Hotel Grand Jatra Pekanbaru. Kegiatan sertifikasi bekerjasama dengan Tempat Ujian Kompetensi (TUK) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Republik Indonesia Bidang Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika.

Dalam acara pembukaan turut hadir Kepala Pusat Pengembangan Literasi Profesi SDM Informatika Kementerian KOMINFO, Bapak Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., Kepala Dinas KOMINFO dan Statistika Provinsi Riau, Bapak Ir. H. Yogi Getri, Kepala Bidang Literasi Pusbang Litprof SDM Informatika Kementerian KOMINFO, Bapak Dr. R M. Agung Harimurti Purnomojati, M.Kom., Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika Dinas KOMINFO, Statistika dan Persandian Kota Pekanbaru, Bapak Drs. Muhammad Azmi, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat I Asosiasi  Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Bapak Prof. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D., Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Informatika, Bapak Muhaemin, S.Kom., M.M., M.Kom. dan Dekan FST UIN SUSKA Riau, Bapak Dr. Hartono, M.Pd..

Tujuan dilaksanakannya pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang informatika untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang informatika di dunia industri informatika nasional pada khususnya dan untuk bersaing di dunia internasional pada umumnya. Sebanyak 90 peserta mengikuti kegiatan sertifikasi yang tergabung dalam bidang programming dan network administrator. Peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi, diantaranya UIN SUSKA Riau, Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Politeknik Caltex Riau dan  Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Hangtuah Pekanbaru. Turut diikuti oleh sebagian dosen FST UIN SUSKA Riau, diantaranya Bapak Nesdi Evrilyan Rozanda, S.Kom., M.Sc., Bapak Mustakim, S.T., M.Kom., Bapak Tengku Khairil Ahsyar, S.Kom., M.Kom., dan Ibu Lestari Handayani, S.T., M.Kom..

Bapak. Dr. Ir. Hedi M. Idris, M.Sc., membuka kegiatan sertifikasi dan mengharapkan peserta mampu bersaing, memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan di bidang informatika serta sikap yang merupakan poin penting dalam seleksi kompetensi dan dunia kerja nantinya.

Ketua TUK FST UIN SUSKA Riau, Ibu Dr. Okfalisa, M.Sc. mengaku telah melakukan berbagai seleksi kepada peserta yang berasal dari FST UIN SUSKA Riau dan berharap 75% dari peserta yang berasal dari kampusnya dapat lolos dalam sertifikasi ini.

Selama tiga hari berturut-turut ini peserta diinapkan selama dua malam di hotel. Ada pun kegiatan hari pertama adalah penjelasan materi dan pra asesmen. Sementara hari kedua peserta akan melakukan asesmen uji praktek pada masing-masing bidangnya. Dan hari terakhir peserta akan melakukan asesmen observasi serta penutupan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below