Informatics Education Partnership Program 2017

_MG_1192

FST UIN SUSKA, YOGYAKARTA – Program kunjungan studi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau yang diberi nama IEPP (Informatics Education Partnership Program) pada tahun ini dilaksanakan di Yogyakarta. Program ini dilaksanakan dari 1-4 Agustus 2017. Peserta IEPP terdiri dari dosen,  staf dan mahasiswa Teknik Informatika. 1 Agustus 2017 peserta IEPP tiba di Adi Sucipto Internasional Airport Jogjakarta pada pukul 10.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan dengan berkunjung ke objek wisata yang menjadi ikon Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Candi Borobudur dan Malioboro. Lalu singgah di pusat oleh-oleh khas Jogja yaitu Jogja T-shirt (JeThe), disana peserta IEPP melihat langsung proses pembuatan baju kaos khas Jogja. Kemudian pada malam harinya beristirahat di POP! Hotel.

Keesokan harinya (2/8) peserta IEPP Teknik Informatika FST UIN Suska Riau 2017 melakukan kunjungan ke Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tepatnya kunjungan ke Fakultas  Teknologi Industri (FTI) Jurusan Teknik Informatika. “Kami sangat senang atas kunjungan UIN SUSKA Riau karena beberapa orang dosennya yang juga alumni UII dan termasuk bagian dari keluarga besar UII”, ujar Kepala Program Studi Teknik Informatika UII Yogyakarta pada saat penyambutan peserta IEPP di ruangan audio visual FTI UII.

Universitas Islam Indonesia adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia. Didirikan pada 8 Juli 1945 dan kampus yang memiliki akreditasi A, serta untuk program studi Teknik Informatika juga mendapat akreditasi A. “Kami dari Teknik Informatika UIN SUSKA Riau berkunjung ke Universitas Islam Indonesia untuk menjalin silaturrahmi, juga berbagi ilmu serta mengetahui lebih dalam tentang Teknik Informatika UII yang sudah memiliki akreditasi A, sehingga nanti ada sesuatu yang bisa dibawa pulang saat kembali ke Pekanbaru”, ujar M. Irsyad selaku Kepala Program Studi Teknik Informatika UIN SUSKA Riau saat memberi kata sambutan mewakili seluruh peserta IEPP 2017.

Setelah kata sambutan, kepala prodi Teknik Informatika UII mempresentasikan tentang UII dan Teknik Informatika UII dengan detail seperti mata kuliah yang diterapkan pada kurikulum 2016 mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8 masa perkuliahan. Kemudian sesi tanya-jawab dan diskusi semua peserta IEPP. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara para dosen dan pengelola jurusan Teknik Informatika UII dan UIN SUSKA Riau. Diskusi ini mengarah kepada pengelolaan kerja praktek dan tugas akhir, diskusi tentang penelitian, serta diskusi penerapan kurikulum yang diterapkan oleh Prodi Teknik Informatika UII. Sementara dosen berdiskusi, di ruangan lainnya diskusi juga dilakukan antara mahasiswa yang diwakili oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UII dan mahasiswa peserta IEPP 2017. Diskusi mahasiswa ini membahas tentang menjalani perkuliahan di kampus sebagai mahasiswa, diskusi himpunan jurusan, study club dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di Teknik Informatika UII. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama peserta IEPP dengan dosen serta mahasiswa Teknik Informatika UII. Usai kunjungan studi di UII, perjalanan dilanjutkan menuju Lava Tour Merapi.

Hari ketiga (3/8) kegiatan IEPP yaitu berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan. Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Indrayanti atau pantai yang dulunya bernama Pantai Pulang Syawal. Setelah itu lanjut ke Goa Pindul.  Jumat (4/8) usai sarapan pagi peserta IEPP meninggalkan hotel menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta untuk kembali pulang ke Pekanbaru. Mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim Pekanbaru pukul 13.00 WIB, peserta IEPP 2017 pulang ke rumah masing-masing.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below