Rifaldi, Mahasiswa FST Sabet Mawapres 2 UIN Suska

mawapres

FST UIN Suska, Pekanbaru – Sebanyak 10 mahasiswa terbaik dari masing-masing Fakultas mengikuti Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Universitas, Jum’at (1/12). Kesepuluh mahasiswa tersebut merupakan para mahasiswa berprestasi yang telah diseleksi di tahapan pendaftaran seleksi berkas.

Pada tahun ini tema yang diangkat dalam pemilihan Mawapres UIN Suska Riau adalah “Kontribusi Mahasiswa Berprestasi Untuk Kemajuan Kampus Islami Madani”.

Adapun Nama ke 10 Finalis Mahasiswa Berprestasi UIN Suska Riau yang terdiri dari 3 Finalis Laki-Laki dan 7 Finalis Perempuan adalah :
1. Agung Yusup (Pendidikan Bahasa Arab 2014)
2. Eki Ari Wibowo (Pendidikan Ekonomi 2015)
3. Rifaldi Saputra (Sistem Informasi 2014)
4. Alifa Syahza Hassiwi (Administrasi Negara 2014)
5. Muji Rahayu Wigati (Pendidikan Kimia 2015)
6. Nadya Safitri Dongoran (Sistem Informasi 2015)
7. Nombur Camelia Harahap (Ekonomi Syariah 2015)
8. Nurmaulina (Ekonomi Syariah 2015)
9. Suci Hidayati (Teknik Informatika 2015)
10. Utari Armila (Sistem Informasi 2015)

Dalam babak 10 besar, para finalis menerima pertanyaan dari dewan juri, dan peserta diminta untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 1 menit.

Adapun penilaian dilakukan terhadap lima komponen yakni Indeks Prestasi Kumulatif, Karya Tulis Ilmiah, Kepribadian, Wawasan serta Kemampuan Bahasa Inggris dan Arab.

Bertindak sebagai juri pada kegiatan ini adalah sejumlah dosen dari berbagai Fakultas yang ada di UIN Suska Riau seperti :
1. Juri Karya Tulis : Endriyanto.
2 Juri Kepribadian : Dr. Nurfaizal, M.Ag.
3. Juri Wawasan : Mahmuzar, M.Hum.
4. Juri Bahasa Arab : Kasmiyati, MA
5. Juri Bahasa Inggris : Nurdiana, M.Pd

Acara kemudian dilanjutkan dengan penobatan Mawapres terbaik 1, 2, dan 3. Tepat pada pukul 17.00 WIB, tatkala pembawa acara Grand Final Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2017 akan membacakan pengumuman pemenang. Gemuruh sorak sorai penonton meledak memenuhi Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau.

Setelah melalui proses yang menegangkan, akhirnya dewan juri menetapkan Agung Yusup (FTK/Pendidikan Bahasa Arab) sebagai Mawapres Utama UIN Suska Riau 2017, disusul dengan Rifaldi Saputra (FST/Sistem Informasi) sebagai Mawapres II UIN Suska Riau, dan ditempat ketiga diraih oleh Muji Rahayu Wigati (FTK/Pendidikan Kimia) sebagai Mawapres III UIN Suska Riau.

Agung Yusup tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah dinobatkan sebagai pemenang Mawapres Utama Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2017.
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (Angkatan 2014), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau ini mampu mengungguli sembilan finalis lainnya dari berbagai Fakultas yang ada di UIN Suska Riau setelah melalui serangkaian seleksi yang sangat ketat.

Mahasiswa yang akrab disapa Agung ini mengungkapkan persaingan Mawapres tahun ini sangat ketat. “Persaingannya sangat ketat sehingga saya tadinya tidak bisa menebak siapa yang akan menjadi pemenang Mawapres tahun ini. Saya juga tidak menyangka kalau saya akan menang dan terpilih sebagai Mawapres Utama tahun ini,” ujarnya.

Dalam kesahariannya Agung Yusup aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kampus, salah satu diantaranya pernah menjadi Wakil Bupati Hima Pendidikan Bahasa Arab Tahun 2016 dan Ketua Pelaksana Olimpiade Bahasa Arab Se-Provinsi Riau Tahun 2016.

Senada dengan hal tersebut, Fadhlan Husaini selaku Menteri Pendidikan BEM UIN Suska Riau mengatakan “Setelah terpilihnya Mawapres ini, UIN Suska Riau mempunyai agen baru untuk memompa semangat berprestasi mahasiswa. Harapan kedepan agen ini senantiasa berprestasi dan mengiringinya dengan inspirasi dengan konribusi gerak yang akan mereka buat kedepan, Insya Allah Mawapres akan menjadi komunitas sendiri untuk mewujudkan harapan bersama tersebut.”

Dinukil dari akun Instagram bemuinsuska

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below