FST Terus Beri Kenyamanan Pengunjungnya

IMG_20170601_134328

FST UIN Suska, Pekanbaru – Pembangunan Central Point Knowledge Mahasiswa (CPKM) Fakultas Sains dan Teknologi merupakan salah satu pembangunan yang dapat dirasakan oleh mahasiswa da n dosen FST UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Hal ini dapat dilihat dengan pengakuan oleh beberapa mahasiswa yang merasakan manfaatnya, seperti berdiskusi, duduk santai sambil menikmati internet gratis, dan teduhnya dengan pepohonan yang rindang. Dekan FST UIN Suska Riau, Bapak Hartono mengatakan nantinya di CPKM akan dibangun air mancur dan setiap sudut tempat akan dipasang listrik, sehingga mahasiswa dapat berdiskusi sambil menggunakan gadget sehingga daya perangkatnya tidak habis.

Selain CPKM, pendopo FST yang terletak di antara Gedung Laboratorium dan Gedung Utama FST juga dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa. Sesekali terlihat diskusi mahasiswa di sana dan beberapa kegiatan lainnya oleh lembaga-lembaga di FST. Bapak Hartono juga menambahkan pihaknya akan memasang instalasi listrik di sana supaya pendopo dapat digunakan oleh mahasiswa dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, perombakan ruangan kelas di lantai II sayap kanan Gedung Utama FST juga terlihat. Dekan FST mengatakan, fakultas akan memasang meja dan kursi yang terpisah dan bukan seperti yang dirasakan oleh mahasiswa sekarang ini. Dalam ruangan akan dipasang meja dan kursi yang dapat menampung sebanyak 40 orang, sehingga ruangan kelas dibuat senyaman mungkin. Untuk tahun ini, fakultas merombak ruangan kelas sebanyak empat kelas. Di tahun selanjutnya akan diteruskan juga untuk kelas-kelas berikutnya.

Jika ruangan telah selesai dirombak, FST akan membuat program Smart Class. Program ini bertujuan untuk menunjukkan kepada fakultas dan kampus lainnya bahwa FST UIN Suska mampu menerapkan kegiatan belajar mengajar dengan konsep berbasis teknologi informasi. Setiap kelas akan dipasang finger print sehingga sistem akan merekam aktivitas dosen dan mahasiswa ke dalam database. Data yang telah tersimpan, nantinya akan diteruskan kepada orangtua atau wali mahasiswa melalui pesan pendek (SMS) supaya dapat diketahui oleh orangtua atau wali aktivitas mahasiswa tersebut. Lalu, di dalam ruangan akan diperbaiki interior, perlengkapan yang dibutuhkan, dan ruangan kelas dibuat dengan safety sehingga dapat membuat suasana nyaman di dalam ruangan kelas.

Kemudian, FST telah menyediakan genset yang terletak di samping Gedung Utama. Genset ini bertujuan untuk menormalkan pelayanan fakultas jika terjadi pemadaman listrik. Selama ini, jika terjadi pemadaman listrik, pelayanan di fakultas terhenti sehingga terhambatnya pelayanan yang seharusnya bisa diselesaikan pada saat itu.

Bapak Hartono mengharapkan fasilitas-fasilitas yang ada di FST dapat dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa, pegawai, maupun dosen sehingga ketika berada di FST, seluruhnya merasakan kenyamanan. “FST dapat menjadi kiblat, contoh, dan model oleh fakultas lain dalam penerapan kelas berbasis teknologi informasi,” tambahnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below