FST Laksanakan “Akad” Pelepasan Alumni Angkatan XLI

Posted by: Tags:
5 FST Laksanakan “Akad” Pelepasan Alumni Angkatan XLI (3)

FST UIN Suska, Pekanbaru – Sebanyak 70 calon wisudawan/ti Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau melaksanakan “akad” untuk melepas status sebagai alumni FST. Pelaksanaan upacara pelepasan status alumni atau sering disebut yudisium dilaksanakan di Ballroom Prime Park Hotel Pekanbaru pada Selasa (27/2). Yudisium dihadiri oleh Rektor UIN Suska yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, ibu Dr. Hj. Helmiati, M.Ag., Dekanat, Ketua Jurusan, dosen, karyawan, dan orang tua / wali peserta yudisium.

Yudisium periode Februari 2018 ini merupakan pelaksanaan ke-41 dengan pembagian angkatan, Teknik Informatika angkatan 41; Teknik Industri angkatan 37; Sistem Informasi angkatan 36; Matematika angkatan 35; dan Teknik Elektro angkatan 33. Sementara itu pembagian peserta yudisium setiap program studi adalah 15 orang dari Teknik Informatika, 9 orang dari Teknik Industri, 17 orang dari Sistem Informasi, 21 orang dari Matematika, dan  8 orang dari Teknik Elektro.

Dekan FST, bapak Dr. Hartono, M.Pd., berpesan kepada seluruh calon wisudawan/ti supaya menjaga nama baik kampus UIN Suska Riau, khususnya FST. Kemudian beliau menegaskan sebagai alumni yang berasal dari kampus islami madani harus mampu beradaptasi dengan masyarakat dan bisa melakukan praktik-praktik keagamaan, seperti berceramah agama, menyalatkan jenazah, dan sebagainya. Selain itu, calon wisudawan/ti jangan puas pada jenjang Strata 1 (S1) saja, namun cobalah untuk melakukan ke jenjang berikutnya. Serta calon wisudawan/ti dituntut untuk terus membangun kompetensi diri dengan cara belajar, karena belajar tidak hanya melalui akademik saja tetapi mampu berkompetensi dengan keahlian yang dimiliki dan membuka jaringan yang luas.

“Lika-liku yang dihadapi oleh calon wisudawan/ti di selama berkuliah telah dilalui dengan  baik, seperti belajar di kelas, bimbingan, skripsi, dan sebagainya. Itu adalah proses pembelajaran. Kesulitan yang dihadapi selalu memberikan makna jika kita mau mengutip makna tersebut. Selain itu, langkah-langkah tersebut merupakan proses berpikir, melatih kesabaran, keuletan, dan kemampuan lainnya. Inilah yang menjadi modal sukses berikutnya setelah lulus dari kampus nanti,” tutur ibu Helmiati di awal sambutannya.

Bima Tresna, Ketua Panitia Yudisium mengucapkan terima kasih kepada para dosen di FST yang telah membimbing mereka sehingga mereka mampu menyelesaikan studi di kampus UIN Suska Riau.

“Semoga para peserta yudisium nantinya dapat berguna bagi agama, nusa, dan bangsa”, ucap ibu Siti Fatimah selaku perwakilan dari orangtua / wali peserta yudisium.

Indra Rayu Ardiansyah menjadi Pemuncak Fakultas pada yudisium periode ini dengan Indeks Prestasi Kumulatih 3.66 yang berasal dari Teknik Industri. Terdapat juga Pemuncak Jurusan, yaitu Teknik Informatika oleh Rahmi Fitri Yanti, Sistem Informasi oleh Wahyu Ernu Setiawan, Matematika oleh Siti Arita Novia, dan Teknik Elektro oleh Oktovero.

Pelaksanaan yudisium diakhiri dengan penandatanganan Surat Keputusan Ikatan Alumni FST, penyerahan kenangan-kenangan, dan foto bersama. (Roby)

5 FST Laksanakan “Akad” Pelepasan Alumni Angkatan XLI (1)

Suasana pelaksanaan yudisium FST angkatan XLI

5 FST Laksanakan “Akad” Pelepasan Alumni Angkatan XLI (2)

Prosesi pelantikan yudisium

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below