Predatech FST Sukses Taja Peringatan Nuzulul Qur’an dan Santunan Empat Panti Asuhan di Pekanbaru

Posted by:
DSC_0075 - Copy

Sebagai umat Islam yang selalu beristiqamah terhadap ajaran yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW, sudah tidak asing lagi bagi kita bahwa tiap tahun berkewajiban untuk melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh dibulan suci, bulan pengajaran akhlak dan budi baik, bulan Ramadhan yang penuh berkah. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi kaum muslimin dan muslimat, dimana setiap siang dan malamnya dihiasi dengan ibadah. Dengan adanya kemuliaan akan bulan ini begitu dinanti-nantikan dan dirindukan setiap tahunnya. Kaum muslimin senantiasa berlomba-lomba mencari keberkahan akan ibadah karena Allah semata.

Untuk itu dalam mendapatkan rahmat dan ridho-Nya pada bulan suci ini, umat islam dituntut untuk melakukan berbagai kebaikan mulai dari membaca Al-Qur’an, membaca tasbih, memperbanyak sholat sunnah, memperbanyak infaq dan shodaqah kepada orangorang yang kurang mampu, juga memberi makan seorang muslim yang sedang berpuasa.

DSC_0085 - CopyPuzzle Research Data Technology (Predatech) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau kembali melaksanakan kegiatan amal dibulan Ramadhan yang dikonsep dalam agenda Predatech on Charity (Preority). Preority merupakan salahsatu konsep agenda Pengabdian Masyarakat yang melibatkan Mahasiswa Predatech dibawah bimbingan Dosen yang tergabung dalam Struktur Organisasi Puzzle Research. Konsep ini menawarkan berbagai jenis Pengabdian salah satunya adalah pemberian santunan kepada anak-anak Panti Asuhan dibulan Ramadhan. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan, dan tahun 2018 merupakan tahun ke-2 berjalannya Preority.

Diawal ditajanya Preority 1 tahun 2018, Predatech sukses melaksanakan kegiatan amal dengan mengumpulkan donasi dari para donatur yang kemudian disalurkan kepada salahsatu panti di Pekanbaru yaitu Ar-Rahim. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan buka bersama bersama anak-anak panti asuhan yang dilaksanakan di Panti Ar-Rahim Pekanbaru. Sedikitnya 34 orang anak antusias mengikuti kegiatan amal tersebut. Acara yang dihadiri oleh beberapa Dosen dan Mahasiswa tersebut sontak memberikan aura positif untuk dilanjutkan menjadi agenda tahunan. Hingga pada tanggal 02 Juni 2018 dicetuskan kembali kegiatan amal yang cukup besar daripada tahun sebelumnya.

Preority 2018 kali ini dilaksanakan di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau bertepatan pada tanggal 17 Ramadhan 1439 H. Konsep baru yang diusung pada kegiatan ini adalah mendatangkan Penceramah Profesional dan Mengundang empat panti asuhan untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Sedikitnya 100 lebih anak panti mengikuti acara yang bertemakan “Menyambut Nuzulul Qur’an dengan Semangat untuk Menyongsong Generasi Indonesia Berakhlakul Karimah” ini sukses dan khidmat diikuti oleh Peserta dan undangan yang berasal dari Dosen, Mahasiswa, Pengasuh Panti Asuhan dan Perwakilan dari Organisasi Sosial Rumah Sahabat.

Pada kesempatan tersbut, Ustazd Dr. Afrizal Nur, S.Th.I, MIS sebagai penceramah mengatakan bahwa kebangkitan ummat itu berasal dari mana saja, bukan hanya dari kalangan Tarbiyah, Ushuluddin, Dakwah ataupun Syari’ah, namun kebangkitan ummat tersbut juga lahir dari Fakultas Umum seperti Sains dan Teknologi. DSC_0137 - CopyDalam ceramahnya Afrizal Nur menyampaikan bahwa keajaiban menyantuni anak yatim merupakan perbuatan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan balasan Syurga, serta menjadi tolak ukur sejauh mana keimanan seseorang dalam melihat dan berbagi bersama orang yang membutuhkan. Diakhir ceramahnya ustazd yang juga Ketua Jurusan Tafsir Hadits tersebut berharap kepada Predateh untuk selalu istiqomah dalam menjalankan aksi sosialnya, terus maju dan berkembang dikancah yang lebih tinggi baik dalam hal pengabdian maupun aspek utama oraganisasi ini.

Disisi lain Ketua Predatech, Mustakim, S.T., M.Kom mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari berbagai pihak seperti Rektor UIN Suska Riau, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dosen Pembimbing, Panti Asuhan serta Rumah Sahabat atas dukungan terlaksananya kegiatan ini dengan lancar dan sukses. Mustakim menambahkan, kesuksesan dalam kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras panitia pelaksana dan seluruh tim Puzzle Researh yang bekerja lebih dari 2 minggu dibulan Ramadhan. Peringatan Nuzulul Quran ini hendaknya menjadi dasar dan semangat bagi anggota untuk selalu menebar kebaikan baik sesama dilingkungan kampus maupun diluar kampus dalam memupuk tali silaturahim, pungkasnya. Diakhir acara, dilaksanakan buka bersama dengan anak-anak panti asuhan yang membaur menjadi satu antara anggota predatech dengan anak-anak yang berasal dari Panti Asuhan As-Shohwah, Panti Asuhan Baiturrahmah, Panti Asuhan Al-Akbar dan Panti Asuhan Nur Hidayah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below