Tiga Orang Dosen Teknik Informatika Terpilih Sebagai Presenter di Konferensi Internasional Bidang Komputer di Batam

Rahmad Kurnaiwan

-Batam, (16/10/2018) Pesatnya perkembangan teknologi khususnya bidang komputer tentu menuntut seorang dosen mampu mengikuti dan menguasai perkembangan tersebut. Salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh seorang dosen untuk mengembangkan kompetensi di bidang komputer yaitu melalui konferensi, baik nasional maupun internasional. Begitu juga yang dilakukan 3 orang dosen Teknik Informatika UIN Suska Riau, yaitu Rahmad Kurniawan, ST., MIT; Novi Yanti, ST, M.Kom; dan Rahmad Abdillah, MT. Ketiga dosen Teknik Informatika tersebut telah mempresentasikan penelitian mereka tentang Ilmu Kecerdasan Buatan. Rahmad Kurniawan masih fokus dengan risetnya tentang Teknologi dan Islam, sedangkan Novi Yanti dan Rahmad Abdillah mempresentasikan penelitian tentang Kecerdasan Buatan pada bidang Kesehatan.

“Tujuan kami adalah menambah wawasan dan mengembangkan potensi pedagogik kami sebagai dosen. Selain itu juga mengenalkan Teknik Informatika UIN Suska Riau di tingkat Internasional karena di sana memungkinkan untuk melakukan ‘join-research’ atau berkolaborasi melakukan penelitian antar kampus. Kerja sama tersebut tentu membuka peluang bagi Teknik Informatika UIN Suska Riau untuk bisa menjelajahi dunia dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan,” ujar Rahmad Kurniawan.

Rahmad Kurniawan juga mengatakan bahwa penelitiannya yang dipresentasikan adalah tentang integrasi kecerdasan buatan komputer dengan Islam. “Kami berusaha fokus dengan penelitian yang diintegrasikan dengan Islam yang akan menjadi ciri khas Teknik Informatika UIN Suska Riau. Ketika Ilmu Komputer IPB fokus dengan integrasi teknologi dengan pertanian, maka kami sebagai kampus Islam akan berusaha fokus mengintegrasi Ilmu Komputer dengan Islam. Penelitian ini juga hasil kolaborasi dengan beberapa Profesor di Universiti Kebangsaan Malaysia,” tambah Rahmad.

Rahmad Kurniawan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Pekanbaru untuk membuat aplikasi penentuan calon penerima Zakat secara otomatis berdasarkan ilmu Kecerdasan Buatan. Aplikasi ini pelengkap dari mesin zakat yang telah dibuat pada tahun sebelumnya oleh tim riset Teknik Informatika di BAZNAS Pekanbaru. Rahmad mengucapkan syukur dan terima kasih kepada UIN Suska Riau yang telah sangat mendukung kegiatan riset ini dan juga Kerajaan Malaysia yang telah membantu dalam penyempurnaan kegiatan riset sejak tahun 2016. Sejauh ini sudah ada 3 penelitian Teknologi berbasis Islam yang sudah di indeks oleh SCOPUS sebagai hasil kerja sama UIN Suska Riau dengan para Profesor di Malaysia, seperti:

  1. Prototype Expert System Using Bayesian Network for Diagnose Social Illness. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 93 (2), pp. 338-344. 2016  (Indexed in SCOPUS)
  2. Advise-Giving Expert Systems Based on Islamic Jurisprudence for Treating Drugs and Substance Abuse. Journal of Theoretical and Applied Information Technology 96 (15), 4941-4952. 2018 (Indexed in SCOPUS)
  3. Using Bayesian Network for Determining The Recipient of Zakat (Case Study: BAZNAS Pekanbaru). The 2nd International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICon EEI). Batam, Indonesia; 16/10/2018 (Indexed in IEEE and SCOPUS)
Rahmad Kurnaiwan

Rahmad Kurniawan, ST., MIT bersama ketua panitia The 2nd International Conference on Electrical Engineering and Informatics (ICon EEI)

Novi Yanti, M. Kom sedang mempresenntasikan penelitiannya

Novi Yanti, M. Kom sedang mempresentasikan penelitiannya

Rahmad Abdillah, MT sedang mempresenntasikan penelitiannya

Rahmad Abdillah, MT sedang mempresentasikan penelitiannya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below