Webinar Nasional Predatech Hadirkan Narasumber dari IPB dan ITB dengan Tema Research and Applied Technology: AI and Data Mining

Posted by:
Berita 1

Berita 1Perkembangan teknologi di era melenial ini menyebabkan banyaknya kemajuan dan perubahan tepatnya dibidang teknologi. Sebagai contohnya yang saat ini sudah tidak asing lagi bagi kita dalam menggunakan AI Assistant (Google Asisten) yang memungkinkan kita untuk mengatur timer, lampu, temperatur udara dll hanya dengan suara, bahkan AI Assistant juga bisa menjawab pertanyaan kita dengan suara juga. Hal ini disebabkan karena adanya kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan Artificial Intelegence yang termasuk pada bagian language understanding. Artificial Intelegence adalah kecerdasan buatan yang memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas tertentu dengan memperoses sejumlah data dan mengenali pola data. Sehingga dengan adanya Artificial Intelegence komputer bisa menjalankan hal-hal yang biasa dikerjakan oleh manusia.

GbrKegiatan yang bertemakan Reaserch and Applied Artificial Intelegence and Data mining ini diselenggarakan oleh PREDATECH pada selasa 22 September 2020 pukul 09.30-12.00 WIB Via Zoom Conference dan Youtube Channel Predatech Official dengan mengundang narasumber Ibu Dr. Masayu Leylina Khoda, ST., M.T. (Institut Pertanian Bogor) dan Ibu Dr. Yeni Hendriani, S.Si., M.Komp (Institut Teknologi Bandung) yang kegiatan ini dipandu oleh Ibu Dr. Rice Novita, S.Kom., M.kom. selaku moderator serta di buka oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Suska Riau Bapak Alex Wenda. Kegiatan ini diikuti oleh 1.743 peserta dari 24 provinsi dan 51 perguruan tinggi di Indonesia

Melihat dari antusias peserta yang telah mencapai angka 1000an menunjukkan kita bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para IT Development dan mahasiswa bidang IT terutama yang akan menghadapi TA dan KP. Dengan mengikuti Webinar ini kita akan mengerti bagaimana cara melakukan reaserch pada artificial intelegent dan data mining serta mengetahui penerapannya dalam kehidupan kita yang ternyata sudah sangat tidak asing bagi kita. Bukan hanya itu, kita juga akan mengetahui peluang apa yang kita dapatkan dengan menguasai artificial intelegence, mengetahui keterkaitan AI dan data sains, kesulitan atau kendala yang akan dihadapi bahkan penerapan AI pada industri.

Berita 3Apresiasi datang dari peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan webinar yang terdiri dari peneliti, mahasiswa, pegawai instansi, dan swasta. “Kegiatan ini sangat bagus, saya termotivasi untuk mengembangkan riset saya.” Ungkap salah satu dosen di Pekanbaru. “Saya kira sudah saatnya kita melibatkan dunia akademik untuk melihat potensi pengembangan bisnis dimasa pandemi, melalui kegiatan webinar ini menjadi treatment kita semua” Ungkap salah satu pengusaha swasta peserta webinar. Disisi lain, Dekan yang diwakili oleh WD 2 mengungkapkan rasa bersyukur atas terlaksananya kegiatan webinar seri 3 ini yang menghadirkan Dosen dari Institut Teknologi Bandung dan Institut Pertanian Bogor, kedua Kampus besar tersebut memiliki hubunagn erat dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau yaitu sebagai tempat bergurunya para Dosen UIN Suska Riau. Selanjutnya, Dr. Alex Wenda juga menyampaiakan rasa bangga akan kegiatan yang ditaja oleh Predatech ini yang digawangi oleh Mustakim, ST., M.Kom mampu memperkenalkan kampus islam ini lebih luas secara nasional.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below