Program English For Academic Development (EFAD) Bagi Dosen FASTE

English For Academic Development (EFAD) merupakan program peningkatan bahasa Inggris yang diperuntukan bagi dosen-dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FASTE) UIN Suska Riau. Program ini terlaksana atas kerjasama yang dilakukan antara kampus UIN Suska Riau dengan organisasi internasional Seeds. Dalam hal ini Wakil Dekan 1 (WD1) FASTE Dr. Harris Simaremare, ST., MT telah melirik peluang kerjasama ini sejak beliau mengawali posisi sebagai WD1 di FASTE. Program ini ditargetkan untuk dapat meningkatkan skill dan pengetahuan bahasa Inggris dosen-dosen FASTE terkhusus bagi yang ingin melanjutkan pendidikan Strata 3, publis penelitian, maupun dalam mendukung proses pembelajaran yang melibatkan bahasa internasional ini. Program ini juga memperjelas komitmen FASTE untuk mengadakan kelas internasional S1 yang sudah direncanakan sejak lama.

EFAD - Kegiatan Di Kelas

Proses Pembelajaran Di Kelas

Adapun program EFAD ini telah dilaksanakan selama 3 semester berturut-turut sejak awal tahun 2019 dengan 2 kategori kelas yakni Presentation dan Writing. Mengingat masa pandemik Covid-19 yang belum reda, sistem pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka kini dialihkan sementara melalui media daring Video Conference Zoom dan Google Meeting oleh seorang instruktur (Native Speaker) langsung dari Kanada Douglas David Evans atau yang lebih akrab di panggil Mr. David. Walaupun selisih waktu Kanada berbeda jauh dengan Indonesia (kurang lebih 11 jam), namun tidak menyurutkan semangat belajar dosen-dosen FASTE disetiap malam (Selasa dan Rabu) yang dipandu langsung oleh Mr. David.

EFAD - Kegiatan Daring

Proses Pembelajaran Secara Daring

Tidak hanya proses pembelajaran formal yang telah dilaksanakan, pembelajaran di luar kelaspun juga pernah dilaksanakan. Hal ini dilakukan untuk mengubah suasana belajar agar lebih menarik. Seperti yang telah dilaksanakan disalah satu tempat rekreasi Agro Wisata Nadiin Kampar. Selain itu, suasana keakraban dan kebersamaan juga dirasakan oleh para dosen bersama instruktur ketika pembelajaran dialihkan di luar kelas.

Dengan berjalannya program EFAD ini, WD1 FASTE berharap dosen-dosen FASTE antusias dan dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris serta program ini dapat tetap dilanjutkan disetiap semester berikutnya.

EFAD - Kegiatan Di Luar Kelas - Nadiin Kampar

Kegiatan Penutupan Kelas Akhir Semester di Nadiin

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below