Asesmen Lapangan Secara Daring Akreditasi Prodi Teknik Informatika oleh BAN-PT

akre 1

UIN Suska Riau – 21 Nov 2020. Prodi S1 Teknik Informatika UIN Suska Riau telah selesai menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk penilaian akreditasi pada Jumat – Sabtu (20–21 November 2020). Asesor yang ditugaskan melakukan AL adalah Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom dari Universitas Indonesia dan Dr. Yani Nurhadryani dari Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan hari pertama AL dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Pimpinan UIN Suska Riau. Kegiatan AL juga dihadiri oleh para pimpinan tingkat Universitas, Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi, Kaprodi Teknik Informatika, Ketua Tim Akreditasi, Sekretaris LPM & Kepala PTIPD yang juga merupakan Dosen Prodi Teknik Informatika, Dosen Teknik Informatika serta koordinator dari unit-unit pendukung lainnya.

Hari pertama AL dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang III A dan Borang III B Fakultas dan Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Kedua Asesor memiliki rumpun ilmu yang sama dengan Prodi Teknik Informatika, sehingga para asesor sangat detil mengupas dokumen akreditasi yang telah disiapkan oleh Prodi. Prodi telah menyiapkan dashboard yang dapat diakses oleh Asesor.

akre 1

Foto bersama Tim Akreditasi Prodi Teknik Informatika dan Fakultas Sains & Teknologi pada hari pertama AL, Jumat – 20 November 2020

Hari kedua AL diisi dengan wawancara terhadap stakeholder Prodi Teknik Informatika yaitu Dosen, Tenaga Kependidikan, dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi responden memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh kedua Asesor. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. Kegiatan AL 2 hari berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

akre 2

Foto bersama Tim Akreditasi Prodi Teknik Informatika dan Fakultas Sains & Teknologi pada hari kedua AL, Sabtu- 21 November 2020

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below