UIN Suska Riau Raih Prestasi Di Kompetisi Simulasi Internasional

UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru – Tim mahasiswa dan dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau, berhasil meraih first place winner pada cabang kompetisi simulasi dalam konferensi 2nd Asia Pacific on Industrial Engineering and Operation Management (APIEOM) 2021 yang diselenggarakan oleh IEOM Society International.  IEOM society. IEOM Society adalah organisasi yang didirikan di Michigan yang merupakan sebuah negara bagian Amerika Serikat. Organisasi mendorong pemikiran kritis secara global pada keilmuan bidang Teknik Industri (IE) dan Manajemen Operasi (OM) dengan menyediakan sarana untuk berkomunikasi dan berjejaring di berbagai negara.

Tahun ini penyelenggaraan kegiatan diselenggarakan secara virtual pada tanggal 13-16 September 2021 dengan penyelenggara utamnya adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) dan di support oleh beberapa kampus lainnya. konferensi ini terdiri atas 10 cabang kompetisi, 700+ makalah yang dipresentasikan; 15 pembicara utama; 18 pembicara global engineering education; 17 pembicara industry solution ; 18 pembicara global supply chain and logistic; dan lima sesi panel dengan 30 panelis dari 35 negara.

UIN Sultan Syarif kasim (SUSKA) diwakili oleh Aryo Saputra dan Tri Wahyu Hidayat dibawah bimbingan dosen Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN SUSKA, Fitra Lestari, MEng Ph.D dan Muhammad Rizki, M.T., M.B.A. Kompetisi ini merupakan kompetisi berbasis paper dimana terdapat beberapa tahapan yang dimulai dari tahap penyerahan paper pada 4 Mei 2021. Setelah itu, paper terpilih oleh panitia dipresentasikan untuk mengikuti konferensi pada tanggal 13-16 September 2021. Kajian kompetisi ditampilkan pada kategori Simulation Competition dengan judul Evaluation of Warehouse Operation in Power Plant Company Using Discrete Event Simulation. Kajian ini dilakukan pada salah satu perusahaan pembangkit listrik di Indonesia pada bidang operasi pergudangan. Temuanya menunjukkan bahwa teknologi RFID dapat meningkatkan tugas operasional dengan mengurangi waktu siklus, meningkatkan utilitas, dan meningkatkan produktivitas perusahan. Tim UIN SUSKA terpilih menjadi pemenang pertama. Kemudian, pemenang kedua dan ketiga diberikan kepada Industrial Engineering Department, Technological Institute of the Philippines – Manila dan Management Department, BINUS Business School, Jakarta, Indonesia.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below