Konsep Integrasi Keillmuan di Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau

Hasil Pemikiran & Diskusi tentang Konsep Integrasi Keillmuan di Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau Prof. Kudang Boro Seminar (IPB Bogor) & Prof. Fitra Lestari (FST UIN SUSKA Riau) :

A. Dasar Pemikiran

  • Underlying and characterizing science in the Faculty of Science and Technology is entirely in the
    guidance of GOD (religion).
  • Melandasi dan menata ilmu pengetahuan di Fakultas Sains dan Teknologi sepenuhnya dalam
    tuntunan ALLAH (agama). Prinsipnya berpijak pada premis bahwa agama ALLAH SWT adalah
    lengkap dan sempurna.
  • Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan (kaffah)” (Surat Al-
    Baqarah 208-210)

Islam telah sempurna dan tidak ada kelemahannya ….

B. Nilai islam dalam kajian Sains dan Teknologi pada tridarma perguruan Tinggi
1. Pengajaran

  • Ilmu itu buahnya ahklak
  • Ilmu tinggi sejalan dengan kemuliaan akhlak
  • Sedekah ilmu
  • Senangkan hati peserta didik untuk peningkatan motivasi belajar

2. Penelitian
Contoh Implementasi pada Riset : Precipalm – BPDPKS
Precipalm merupakan Sistem Pendukung Keputusan Kebutuhan Pupuk Kelapa Sawit Berbasis Pertanian
Presisi yang dibuat oleh Seminar Prof.Dr.Kudang Boro dari IPB
Critical Thinking:

  • Peningkatan kehormatan (dignity) dan peran manusia sebagai khalifah bumi ( yang sejatinya
    memiliki porsi dan fungsi dominan dalam poses berfikir (mindset) , berdzikir (heartset) dan
    berkontemplasi atas kebesaran dan karunia PENCIPTA-nya, dari pada hanya bekerja secara fisik
    (Hardset) yang melelahkan dan dan menyita waktu dari berfikir kritis.
  • Teknologi yang dikembangkan membuat manusia bisa bekerja produktif, praktis, dan hemat
    waktu dan kelelahan fisik minimal. Menggeser paradigma manusia sebagai manajer (khalifah)
    bumi dari bekerja keras ke bekerja cerdas. Sehinnga dapat meluangkan meningkatkan waktu iman,
    ilmu dan amal untuk kehidupan yang lebih baik (berkah).
  • Komponen Fungsional Peserta Didik: Akal (mindset), Qalbu (hearset), dan Raga/jasmani (hardset)

C. Rekomendasi penanaman keilmuan islam pada FST UIN SUSKA Riau:
Prinsip : Pendidikan adalah pengajaran ilmu kepada peserta didik sebagai insan bertuhan. Sehingga
tujuan mendasar dan utama dari Pendidikan adalah meningkatkan kesadaran dan kemampuan peserta
didik semakin mengenal (ma’rifat) keaguangan dan kebesaran TUHAN-nya (ALLAH SWT). Sehingga setiap
kegitan tridarma, pendidikan ,penelitian & pengabdian pada masyarakat adalah eksplorasi dan
pembuktian akan semua fenomena kebesaran ALLAH SWT di alam semesta ini.

Usulan indikator pada riset berbasis Keislaman pada Fakultas Sain dan Teknologi:

  1. Merujuk dan melandaskan pada Nilai islam
  2. Merujuk dan melandaskan pada ayat alquran dan hadist secara tersurat dan tersirat
  3. Memaksimalkan kemanfaatan untuk umat manusia (anfa uhum linnaas)
  4. Penegakkan etika mulia (akhalakul karimah) pada proses Pendidikan, penelitian dan pengabdian
    pada masyarakat.

D. Usulan Implementasi Visi Misi:

  1. Kurikulum (written) 12 sks
  2. Outcome pembelajaran : pendidikan karakter/akidah
  3. Riset : berbasis teknologi dan penelitian membuktikan kebenaran Allah subhanahu wa ta’ala
  4. Kiprah produk riset untuk dunia nyata ( terimplemtasi di Masyarakat dan Industri)

E. Kesimpulan
ILMUWAN TAHU DIRI & SAHAJA

  1. Ilmuwan yang sejati adalah mereka yang dalam kiprah dan keberhasilan karya risetnya adalah
    untuk membuktikan dan mensyiarkan Kebesaran & Keagungan PENCIPTANYA daripada kebesaran &
    kehebatan dirinya. Inilah ilmuwan yang tahu diri dan sahaja sebagai insan BERTUHAN (BERPENCIPTA).
  2. Kegiatan Tridarma (Pendidikan, Riset dan Pengabdian Pada MAsyarakat) di FST UIN SUSKA RIAU
    adalah Membuktikan serta Mensyiarkan Kagungan dan Kebesaran ZAT PENCITA Alam semesta dan
    seisinya untuk kemanfaatan manusia.
  3. *integrasi* diarahkan kepada pernyataan dan motivasi serta tujuannya merujuk kepada tauhid dan
    ajaran Islam